Rasa Ningrat, Harga Bersahabat & Merakyat

fried chicken

Fried Chicken, Ayam Renyah Amerika yang Berasal dari Afrika

Ayam goreng renyah punya banyak penggemar. Tekstur yang renyah di bagian luar dan daging yang gurih dan juicy memikat lidah warga dari berbagai negara. Menu ini juga menyimpan sejarah panjang hingga akhirnya dikenal ke seantero dunia!

Kulit yang dibalut tepung dan digoreng garing menjadi ciri khas fried chicken. Menu ayam goreng memang sudah banyak dikonsumsi warga Eropa sejak abad pertengahan. Konon, imigran asal Skotlandia yang membawa resep tersebut ke tanah Amerika. Di sana, warga Eropa ini mayoritas menetap di Amerika bagian selatan dan sering mengonsumsi olahan ayam ini.

Selang beberapa waktu, banyak warga Afrika dipekerjakan di Amerika sebagai juru masak. Dari sana akhirnya imigran Afrika ini mengadaptasi resep ayam yang dibawa pendatang asal Skotlandia. Namun dengan sentuhan baru yaitu tambahan bumbu dan perasa lain yang tidak ditemukan dalam menu asal benua Eropa.

Resep ayam goreng tepung yang sudah dibumbui a la pendatang Afrikapun dikenal luas. Dalam komunitas Afrika Amerika, menu ini sering disajikan pada acara khusus dan digolongkan sebagai menu spesial. Rasanyapun disukai karena memadukan balutan tepung yang renyah dan gurih dengan daging ayam yang empuk. Hal ini sempat membuat fried chicken diasosiasikan sebagai menu warga kulit hitam di Amerika.

Kesan rasis akan menu fried chicken perlahan menghilang dan mulai dijual secara komersil. Ayam goreng ini mulai dijual di beberapa restoran di kawasan Amerika, di antaranya adalah Sambo’s di kawasan California, juga Coon Chicken Inn di Utah.

Untuk membuat ayam goreng ini, yang digunakan adalah ayam broiler muda yang cocok dengan suhu panas. Ayam dengan usia lebih tua dan besar biasanya menghasilkan waktu masak yang lama karena teksturnya yang lebih keras. Untuk mengakalinya, akhirnya dipilih cara merebus ayam terlebih dulu baru kemudian digoreng.

Komersialisasi fried chicken asal Amerika di seantero dunia juga tak lepas dari peran restoran ayam goreng waralaba asal Amerika. Salah satu yang paling populer dan melegenda adalah Kentucky Fried Chicken. Sejak berdiri tahun 1930, kini gerainya sudah tersedia di lebih dari 110 wilayah dengan puluhan ribu outlet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *